Sri Mulyani: Wajar Orang Awam Tidak Familier dengan Pajak

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati cukup memahami kesulitan masyarakat untuk menjalankan kewajiban pajak dengan benar, termasuk untuk mengikuti program pengampunan pajak atau tax amnesty. Maka tidak sedikit yang menggunakan jasa konsultan pajak.

“Masyarakat secara umum awam itu mereka nggak familiar dengan pajak . Sudahlah pusing mendingan bayar konsultan saja,” kata Sri Mulyani di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta (28/12/2016).

“Buat saya nggak apa-apa karena memikirkan familiar dengan formulir ya bagaimana menghitung kewajibannya. Hal seperti itu tidak semua orang punya waktu maupun bisa punya kemampuan,” terangnya.

Hal ini sebenarnya juga terjadi di banyak negara, khususnya negara industri. Sehingga tidak ada permasalahan penggunaan jasa konsultan.

“Untuk negara industri nggak masalah karena banyak yang menggunakan jasa konsultan, karena mereka kerjanya terlalu keras bahkan tidak punya waktu lagi even untuk melihat formulir untuk pengisian pajak dan mengisi dengan tepat tentu saja harus punya keahlian khusus,” pungkasnya.

Sumber: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.