KY Mulai Seleksi Administrasi 88 Calon Hakim Agung Berkualitas

Komisi Yudisial (KY) telah menutup pendaftaran seleksi hakim agung periode 2017. Total ada 88 calon hakim agung yang nantinya diseleksi administrasi oleh komisioner.

“Hari ini secara resmi menutup penerimaan usulan seleksi calon hakim agung,” ujar Jubir KY, Farid Wajdi dalam keterangan yang diterima kepada detikcom, Jumat (7/4/2017) malam.

Sejak dibuka pada Rabu (8/3), KY telah menerima 88 nama yang diusulkan dari hakim karier dan nonkarier. Meski begitu calon mengirimkan berkas via pos masih diterima hingga hari Selasa (11/4) pekan depan.

“Setelah masa penerimaan usulan CHA ini ditutup, KY akan melakukan seleksi adminstrasi. Seleksi administrasi ini dilakukan dengan cara meneliti berkas kelengkapan CHA sesuai dengan persyaratan administratif,” ujar Farid.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Bidang Rekrutmen Hakim Maradaman Harahap menjelaskan setelah menerima nama-nama calon hakim agung periode 2017 pihaknya bersama komisioner KY lainnya akan melakukan rapat pleno untuk seleksi administrasi.

“Nanti akan kita pleno tanggal 13 April ini, pleno meloloskan seleksi administrasi sambil menunggu kelengkapan administrasi calon,” paparnya.

Maradaman menuturkan untuk tahun ini dari segi nilai kualitas calon hakim agung belum dapat diukur. Namun bila dibandingkan dari segi pendidikan, tahun ini Maradaman menerima calon dengan latar pendidikan tinggi.

“Jadi kalau kualitas belum bisa lihat tapi dari segi pendidikan banyak berlatar pendidikan doktor bahkan ada profesor dari jalur karir. Jadi begini, kalau tahun lalu saya lebih bandingkan ada beberapa guru besar tapi dari segi hakim karier ada peningkatan kualitas dari sisi akademisi,”

Sumber: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.